Tugas Berwawasan
LAPORAN
KEGIATAN
PEMBINAAN
KEPEMUDAAN
DALAM HAL
PEMANFAATAN
KAIN PERCA,FLANNEL.DAN
BENANG WOL
UNTUK PEMBUATAN BROS JILBAB/ SOUVENIR
DISUSUN OLEH :
SUCI ZURAINA
UNIVERSITAS TERBUKA
LAPORAN KEGIATAN KEPEMUDAAN
PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN
UNIVERSITAS TERBUKA
LAPORAN KEGIATAN PEMBINAAN KEPEMUDAAN
DI DESA TANJUNG HARAPAN RT. 02 RW. 05
KECAMATAN SINGKEP DALAM HAL PEMANFAATAN KAIN PERCA,FLANNEL,DAN BENANG WOL
UNTUK PEMBUATAN BROS JILBAB CANTIK
TUTOR
PEMBIMBING :
SRI
KARTINI,S.Pd,M.Pd
DISUSUN OLEH :
NAMA : SUCI ZURAINA
NIM : 820145886
SEMESTER : VII (TUJUH)
POKJAR : 19032 / KEC. DABO SINGKEP
PROGRAM S1. PGSD
POKJAR I (SATU) DABO SINGKEP
KABUPATEN LINGGA
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UPBJJ 013 BATAM
LEMBAR PENGESAHAN
Judul : Program Kegiatan Pembinaan Kepemudaan dalam
hal pemanfaatan sumber daya manusia untuk pembuatan roti.
Disusun Oleh :
Nama : SUCI ZURAINA
NIM : 820146886
Semester : VII (Tujuh)
Pokjar : 19032 Kecamatan Singkep
UPBJJ-UT : 013 BATAM
Laporan ini
telah diterima dan disahkan oleh tutor mata kuliah Pembelajaran Berwawasan
Kemasyarakatan, pada :
Hari :
Tanggal :
Sebagai syarat
untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan (PDGK
4306) Program S1. PGSD Guru Kelas, Pokjar 19032 Kecamatan Singkep Kabupaten
Lingga, UPBJJ 013/Batam Tahun 2014.
Dabo
Singkep, Oktober 2014
Mengetahui
:
Kepala UPBJJ Tutor Pembimbing
PAKEN
PANDIANGAN, S.Si.M.Si SRI KARTINI, S.Pd, M.Pd
NIP.
19700820 199703 1 003 NIP. 19720206 200604 2 013
19710210 200212 2 004
Tidak ada hidup yang bersih dari hambatan. Mengatasi hambatan itulah
yang membuat kita disebut berhasil
PERSEMBAHAN
Dengan sepenuh
hati laporan ini kupersembahkan kepada :
- Allah S.W.T yang telah melancarkan segala urusan saya dalam penyusunan makalah ini,dan tak lupa Nabi Besar junjungan Muhammad S.A.W yang telah membawa insan manusia dari alam yang gelap gulita kea lam yang terang benderang
- Orang tua saya yang telah mendo’akan saya dalam waktu saya melakukan penyusunan tugas,dengan do’a merekalah dapat melakukan prakerin dengan baik dan mereka yang telah merawat saya sehingga saya sehat wal’afiat sampai sekarang
- Saya ucapkan banyak “berterima kasih kepada saudara-saudara saya baik kakak maupun adik-adik saya yang telah mendukung saya melakukan prakerin”
- Dan tak lupa juga kepada teman-teman yang seperjuangan saya ucapkan banyak terima kasih karena teman-teman telah membantu saya menyusun laporan yang saya kurang mengerti
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur, atas kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena dengan rahmat, hidayah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan Laporan Kegiatan Pembinaan Kepemudaan ini. Shalawat dan salam tak lupa penulis kiriman kapada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wassalam, para sahabat dan umatnya.
Pemuda
merupakan modal
dasar pembangunan negara pada umumnya
dan modal dasar pembangunan daerah,
pada khusunya. Sudah seharusnya
para pemuda yang produktif
diberi kesempatan untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitasnya agar berdaya guna sehingga mampu memberi
kontribusi yang positif dalarn memajukan
daerahnya. Oleh karena itu, sangat
perlu diadakannya kegiatan-kegiatan pembinaan kepemudaan yang bertujuan untuk
perbaikan kehidupan pemuda pada masa
yang akan datang.
Sebagai
manusia biasa yang tak luput dan salah dan khilaf, penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Laporan ini. Oleh karana
itu penulis sangat memerlukan kritik
dan saran dan semua pihak agar laporan
ini menjadi sempurna.
Penulis
sampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak terutama pada Tutor Pembimbing, keluarga dan teman-teman yang telah banyak
membantu dan memberi dukungan kepada penulis, sehingga pelaksanaan kegiatan pembinaan ini berjalan lancar.
Dabo
Singkep, Oktober 2014
Penulis
SUCI ZURAINA
DAFTAR ISI
Halaman Judul..........................................................................................................................
i
Halaman Pengesahan................................................................................................................
ii
Halaman Motto........................................................................................................................
iii
Halaman Persembahan.............................................................................................................
iv
Kata Pengantar.........................................................................................................................
v
Daftar Isi.................................................................................................................................. vi
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................................
1
A.
Latar
Belakang.............................................................................................................
1
B.
Tujuan...........................................................................................................................
2
¾
Umum
Tujuan Khusus...................................................................................... .2
C.
Hasil
Kegiatan..............................................................................................................
2
BAB II PELAKSANAAN
PROGRAM..............................................................................
3
A.
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan..................................................................................
3
B.
Materi
Pelatihan / Kegiatan..........................................................................................
3
C.
Strategi
dan Deskripsi Jalannya Kegiatan....................................................................
4
BAB III TEMUAN DAN
HASIL......................................................................................... 8
A.
Temuan
/ Hasil Evaluasi Proses.................................................................................... 9
B.
Temuan
/ Hasil Evaluasi Produk.................................................................................. 9
C.
Pembahasan.................................................................................................................. 10
D.
Gambaran
Keaktifan.................................................................................................... 10
BAB IV
KESIMPULAN,SARAN,TINDAK LANJUT.....................................................
14
A.
Kesimpulan...................................................................................................................
14
B.
Saran.............................................................................................................................
15
C.
Tindak
Lanjut...............................................................................................................
15
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................ 16
LAMPIRAN...........................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Hiasan merupakan suatu yang dapat
mempercantik barang yang lain atau benda lain. Hal itu berarti ada keterkaitan
antara benda yang satu dengan benda yang lain, dan sangat jelas terlihat bila
kita lihat misalnya antara jilbab pastinya dapat lebih menarik jika kita
memberikan hiasan seperti bros jilbab pada lipatannya.
Dengan adanya kreativitaslah yang
dapat menjadikan hiasan cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin
mengetahui bagaimana cara menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat
lebih menarik. Oleh karena itu biasanya orang-orang mencari solusi dengan
berbagai cara, salah satunya dengan bahan yang sederhana saja dapat dijadikan
hiasan menarik seperti bros jilbab kain perca.Selain itu bros jilbab kain perca,flannel,dan
benang wol. juga banyak di pesan sebagai souvenir pernikahan, hadiah ataupun
koleksi.Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun menjadikan
souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan
pernak-pernik dan souvenir lucu dari kain perca,flannel,dan benang wol.
Dikatakan usaha hanyalah
sebagian kecil dari niat yang nantinya akan berwujud sesuai keinginan atau
hanyalah hayalan belaka. Untuk itu utama dalam menjadikan usaha yang berhasil
dan memuaskan inilah dibutuhkan suatu konsep yang berbentuk Laporan Kegiatan
Pembinaan Kepemudaan ini.sebuah usaha
agar terciptanya usaha kecil yang mampu bertahan atas segala ujian pada zaman
globalisasi saat ini. Sehingga untuk suatu usaha dapat berpotensial bertahan,
berkembang, maju dan dapat menghasilkan yang diharapkan.
Dari
latar belakang tersebut, penulis ingin memfokuskan laporan ini dalam bidang keterampilan
dan perdagangan yaitu tentang pembinaan pemanfaatan kain perca untuk perhiasan
wanita dan souvenir pernikahan.
B.
Tujuan
1.
Umum
a.
Melatih supaya para pemuda dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya
sesuai dengan bakat dan minatnya.
b.
Meningkatkan gairah atau semangat pembangunan terutama di lingkungannya.
c.
Memberi memotivasi pemuda supaya bekerja keras dalam menghadapai
tantangan zaman yang penuh persaingan.
2.
Khusus
a.
Memiliki keterampilan dasar dibidang keterampilan.
b.
Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha
UKM dalam bidang kreativitas melalui aneka souvenir dari kain perca dan flannel
.
c.
Memberikan ide – ide kreatif dalam
mengembangkan usaha dengan kreativitas terutama dalam pembuatan souvenir dari
kain perca dan flannel .
d.
Memiliki potensi dalam perdagangan.
e.
Meningkatkan kreativitas yang ada dilingkungan rumah.
f.
Mengurangi tingkat pengangguran di Desa Tanjung Harapan.
C. Hasil Kegiatan
a.
Kegiatan program kepemudaan ini menghasilkan produk berupa bros kain perca, flannel
dan benang wol
b.
Pemanfaatan bahan bekas yang terabaikan dan pemanfaatan sumber daya
manusia yaitu pemuda putus sekolah.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
PELAKSANAAN PROGRAM
A. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan
kegiatan program kepemudaan ini dilaksanakan di wilayah Desa Tanjung Harapan RT
002 RW 005 di rumah saya.Kegiatan pembinaan
program kepemudaan tentang pembuatan bros / souvenir dari benang kain
perca,flannel dan benang wol masyarakat
ini dilaksanakan di Kampung Telex Rt 002 Rw 005. Dengan jadwal 3 kali dalam
satu minggu setiap hari selasa, kamis dan sabtu yang mana kegiatan tersebut di
mulai pada bulan Juni 2014 sampai dengan
Oktober 2014
Pelatihan yang saya berikan adalah
pemanfaatan Kain perca,flannel dan benang wol untuk pembuatan souvenir.
B.
MATERI
PELATIHAN/KEGIATAN
Pelatihan yang saya berikan adalah
pemanfaatan Kain perca,flannel,dan benang wol untuk pembuatan bros baju dan souvenir.
Informasi yang saya berikan
kepada pemuda yang dapat diberikan Sebagai Ketertarikan Konsumen
Sesuatu yang
dibuat dengan cara sederhana tetapi memiliki daya terik dan keunikan tentu saja
dapat membuat sebagian orang menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang
dibuat dengan menggunakan bahan dasar kain flanel ini dapat menarik masyarakan
untuk mengkoleksi ataupun untuk dijadikan sebagai souvenir.
Dalam pembuatan
kreasi pernak-pernik dari kain flanel ini bukan hanya kretivitas yang
dibutuhkan tetapi juga keterampilan menjahit, karena biasanya dalam pembuatanya
yang biasa dipesan harus sesuai dengan permintaan si konsumen.
Bahan Baku Pembuatan Bros jilbab /
Souvenir dari Kain Perca,Flannel,dan Benang Wol
Bahan baku
utama Aneka Kreasi adalah kain perca,kain flannel,dan benang wol. selain
bahannya murah.kain perca,kain flannel,dan benang wol juga mudah ditemukan, dan
memiliki banyak pilihan warna yang jika dikombinasikan dapat mengkasilkan
sesuatu yang menarik. Selain bahan baku diatas, ada pula bahan serta alat
pendukung lainnya seperti : Jarum, Benang Sulam, Gunting, Lem Tembak, Glue Gun,
Kertas Karton, Pensil/Pulpen Gel atau Kapur Jahit dan lain sebagainnya
C.
STRATEGI DAN
DISKRIPSI JALANNYA KEGIATAN
Strategi
Kegiatan
1.
Memilih waktu yang tepat
2.
Pemilihan bahan yang baik
3.
Pemberian informasi kepada para pemuda sejelas mungkin
4.
Selama proses kegiatan tidak terlalu kaku tetapi santai
tapi pasti
Deskripsi
Jalannya Kegiatan
Sebagai sample, ini salah satu langkah dasar kreasi kain flannel:
1.
Siapkan alat dan bahannya yaitu lem serbaguna, kain flanel ukuran 2 x 6 cm
5 ungu 1 pink (warna boleh sesuai selera), jarum jahit dan benangnya sesuai
warna, peniti bros atau tali beludru, atau jepit rambut.
2.
Lipat 2 kain flanel secara vertikal, rekatkan dengan lem serbaguna.
3.
Kalo sudah dilipat, gulung flanel kedalam,beri sedikit lem di bagian dalam
gulungan flanel supaya rekat dan tidak kembali ke bentuk semula.
4.
Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk flanel warna ungu lainnya.
5.
Beri lem pada sekeliling bagian luar flanel yang hanya mempunyai 1
warna.Tempelkan satu persatu flanel warna ungu. Ujung dari flanel ungu menghadap
ke bawah. Tempelkan semua flanel ungu mengelilingi flanel pink (ingat, ujungnya
flanel ungu menghadap ke dalam. biar keliatan rapi dan seragam). supaya kuat,
beri lem juga pada flanel ungu, yang nantinya flanel warna ungu saling
menempel, jadi antara flanel ungu dengan flanel ungu lainnya tidak lubang.
6.
Sekarang tinggal menjadikan flanel sesuai aksesoris yang diinginkan.
misalnya mau dijadikan jepit rambut langsung beri lem saja di bagian belakang
flanel. kalo mau dijadikan bros jahit dengan peniti bros. kalo mau dijadikan
kalung beri lem di bagian belakang flanel, lalu rekatkan dengan tali beludru
atau pita.
Sebagai sample, ini
salah satu langkah dasar kreasi Benang
Wol
1.
Buat tali air, tusuk rantai atau
chain (pola bule pakai istilah ini) sebanyak 57 buah. Tapi banyaknya tusuk
rantai ini tergantung dari besar atau kecilnya bunga mawar yang kita ingin
buat. Dan juga tebal atau tipisnya benang yang kita gunakan. Saya membuat mawar
dengan menggunakan dua jenis benang, dan hasil ukurannya jelas berbeda. Ha ha
ha, namanya juga orang iseng dan senang bereksperimen. Lagipula benang yang
kita beli di pasar sering berbeda. Jadi ukurannya juga akan berbeda.
2.
Sebelum membuat tali air atau tusuk rantai, sisakan benang di ujungnya sepanjang
20-25 cm. Gunanya nanti, sisa benang di awal tali air akan digunakan untuk
merajut atau menyatukan mawar sehingga menjadi mawar yang diinginkan.
3.
Setelah tusuk rantai mencapai
hitungan 57, buat double crochet pada titik keenam dari tusuk rantai terakhir
4.
Lalu buat 2 tusuk rantai,
masukkan jarum ke titik ketiga dari lubang yang ada double crochet pertama.
Jadi ada jarak dua lubang antara double crochet yang satu dengan double crochet
kedua. Buat dua tusuk rantai, lalu ambil benang untuk membuat double crochet,
masukkan di lubang yang sama. Nanti hasilnya akan terlihat seperti segitiga.
5.
Lanjutkan sampai lubang dengan
double crochet nya berjumlah 36 buah. Hal ini akan membuat lubang-lubang di
rajutan tersebut dan terlihat melinting.
6.
Buat 3 tusuk rantai, balik. Buat
5 double crochet yang dimasukkan ke bawah lubang-lubang yang sudah kita buat
tadi. Setelah selesai 5 double crochet di satu lubang, pindah ke lubang
yang lain. Buat single crochet di lubang setelahnya. Sehingga membentuk
lengkungan seperti kelopak. Lakukan hingga semua lubang terisi dengan
double crochet.
7.
Jika selesai, matikan rajutan
dengan cara memasukkan benang ke dalam rajutan.
8.
Gulung rajutan, hingga membentuk
mawar. Jahit untuk menyatukan gulungan tersebut dengan benang yang kita sisakan
sejak awal.
Sebagai
sample, ini salah satu langkah dasar kreasi Kain Perca :
1. Siapkan perlengkapan yang diperlukan
¾
Lem tembak/lem bakar
¾
Kain yang sudah di bentuk bulet sebanyak 5 biji
¾
Kancing
¾
Benang dan jarum
¾
Gunting
¾
Kancing untuk hiasan
2. Jahit Benang yang sudah disiapkan
3. Jahit Benang yang sudah disiapkan
4. Kemudian jahit dan satukan kelima
kain yang sudah disiapkan.
5. Terakhir kerutkan kain yang sudah
dijahit sehingga berbentuk seperti kelopak bunga
BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A.
TEMUAN / HASIL EVALUASI
PROSES
1.
Pemberian
informasi.
2.
Menyiapkan
alat dan bahan-bahan.
3.
Pembagian
tugas kerja.
4.
Mempersiapkan
proses kegiatan.
5.
Memberikan
contoh kerja.
6.
Praktek kerja
oleh para pemuda.
7.
Mulai membuat aneka pola kreasi
baru mulai dari kain perca,kain flannel,dan benang wol
8.
Mulai menggunting kain flannel
dan perca
9.
Yang lainnya mulai merajut
kreasi yang terbuat dari benang wol
10.
Menjahit bros / souvenir yang
terbuat dari kain flannel dan kain perca
11.
Memasang hiasan tambahan pada
kain flannel dan kain perca
12.
Menambahkan busa pada kain
flannel ( apabila diperlukan )
13.
Menempelkan peniti pada bros
14.
Membungkus bros tersebut dengan
kantong plastic sesuai ukuran
15.
Bros sudah jadi
16.
Pendistribusian
B. TEMUAN / HASIL EVALUASI
PRODUK
NO
|
NAMA BARANG
|
BANYAKNYA BARANG YANG DI BUTUHKAN
|
HARGA BARANG
|
1
|
Kain
Flanel
|
6
|
Rp.
30.000,00
|
2
|
Kain
Perca
|
Secukupnya
|
-
|
3
|
Benang
Wol
|
4
|
Rp
22.000,00
|
2
|
Benang
Sulam
|
4
|
Rp.
4.500,00
|
3
|
Pulpen
|
1
|
Rp.
3.500,00
|
4
|
Lem
|
1
|
Rp.
5.000,00
|
5
|
Kertas
Karton
|
1
|
Rp.
1.500,00
|
6
|
Jarum
|
1
|
Rp.
500,00
|
7
|
Manic-Manic
|
1
|
Rp.
6.000,00
|
8
|
Gunting
|
1
|
Rp.
5.000,00
|
9
|
Peniti
|
48
|
Rp.
16.000,00
|
JUMLAH
|
Rp.
94.000,00
|
Untuk
proses pembuatan bros / souvenir dari flannel dan
benang wol ini, adalah bahan utama yang dibeli,sedangkan kain perca adalah sampah/limbah yang tidak memerlukan biaya. dan
bahan penunjang lain seperti
peniti,lem,jarum,manis-manic dan sebagainya harus membeli.
Untuk
setiap kali proses dibutuhkan dana kurang lebih Rp. 94.000,00 ( semnbilan puluh
empat ribu rupiah) dan menghasilkan 48 buah bros / souvenir,
yang setiap brosnya dijual seharga Rp. 5.000,00 – Rp 10.000,00
Produk yang ditawarkan memiliki nilai tambah dan berkualitas.
Untuk menaikkan nilai tambah saya mencoba untuk menghasilkan produk yang unik
dan menarik serta berkualitas baik.Pemasaran ke sekolah-sekolah karena di
mungkinkan banyak peminat dari siswi sekolah yang menggunakannya untuk
aksesoris tambahan.
C. PEMBAHASAN
Dari ketujuh
warga belajar sehari-hari aktif datang
dan cukup merespon kegiatan, Nova Trivany aktif datang
dan kalau kurang jelas terhadap materi yang ajarkan dia
selalu bertanya,Rafeah
aktif datang
tapi kadang-kadang terlambat dan dalam mengikuti kegiatan juga selalu aktif
bertanya. Berbeda dengan Salbiah dan Roaidah dia sering terlambat dan dalam
menjahit masih kurang lancar.Lia Mareta lumayan aktif dalam
mengikuti kegiatan, sedangkan Iyut Abdullah dan Aryati sangat aktif datang dan tepat waktu serta
dengan cepat ia dapat memahami materi yang diajarkan.
Berdasarkan
kegiatan tersebut yang paling aktif dalam
mengikuti kegiatan adalah Iyut
Abdullah dan yang kurang aktif
dalam mengikuti kegiatan adalah Salbiah
dan Roaidah.
D. GAMBARAN KEAKTIFAN
Gambaran Keaktifan
Dari 7 Orang Pemuda
1.
Cara merespon Terhadap Penjelasan
Para pemuda / pemudi atau masyarakat antusias
dengan di adakannya pelatihan ini, mengingat banyak informasi peting yang belum
diketahui bisa menjadi tahu setalah di adakan pelatihan.
2.
Cara Mempraktikan Petunjuk
Para pemuda
/ pemudi gampang meneri penjekasan dari nara sumber dan dalam pelaksanaan /
praktiknya semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala satu
apapun.
3.
Antusias / Semangat kehadirannya
Antusias
para pemuda / pemudi dan masyarakat terhadap kegiatan ini tampak pada kehadiran
dari masinng – masing peserta yang hampir seluruhnya hadir dalam setiap
pertemuan.
4.
Perbandingan antar sebelum dibina
dengan setelah dibina
Banyak
informasi yang kurang diketahui oleh para pemuda tentang pembuatan kreasi
pembuatan bros / souvenir yang baru. Para pemuda / pemudi yang belum banyak
mengetahui cara pemasaran bros / souvenir sehingga bisa tahu cara pemasarannya
setelah di lakukan pembinaan dari nara sumber dan pemuda lebih paham mengenai
cara mempercantik kreasi bros / souvenir, para pemuda / pemudi juga mampu
melakukan inovasi terbaru..
Analisa
Hasil Tes Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Hasil Tes
Sebelum Kegiatan Pembinaan
No
|
Nama
|
Nilai Tes
Sebelum Kegiatan
|
1
|
Iyut Abdullah
|
65
|
2
|
Rafeah
|
65
|
3
|
Salbiah
|
68
|
4
|
Roaidah
|
67
|
5
|
Lia Mareta
|
65
|
6
|
Nova Trivany
|
67
|
7
|
Aryati
|
65
|
Hasil Tes
Sesudah Kegiatan Pembinaan
No
|
Nama
|
Nilai Tes
Sebelum Kegiatan
|
1
|
Iyut Abdullah
|
85
|
2
|
Rafeah
|
80
|
3
|
Salbiah
|
90
|
4
|
Roaidah
|
90
|
5
|
Lia Mareta
|
85
|
6
|
Nova Trivany
|
92
|
7
|
Aryati
|
82
|
Perbandingan Hasil Tes Sebelum dan Sesudah kegiatan
No
|
Nama
|
Nilai Tes
|
Keterangan
|
||
Sebelum
Pembinaan
|
Setelah
Pembinaan
|
||||
1
|
Iyut Abdullah
|
65
|
85
|
Baik,
Meningkat
|
|
2
|
Rafeah
|
65
|
80
|
Baik, Meningkat
|
|
3
|
Salbiah
|
68
|
90
|
Baik, Meningkat
|
|
4
|
Roaidah
|
67
|
90
|
Baik, Meningkat
|
|
5
|
Lia Mareta
|
65
|
85
|
Baik, Meningkat
|
|
6
|
Nova Trivany
|
67
|
92
|
Baik, Meningkat
|
|
7
|
Aryati
|
65
|
82
|
Baik, Meningkat
|
|
BAB IV
KESIMPULAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT
KESIMPULAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT
A.
Kesimpulan
Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk mengadakan suatu pembelajaran yang
berbasis masyarakat melalui beberapa macam kegiatan seperti diadakannya
kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya
alam maupun sumber daya manusia yang ada di lingkungan masyarakat.
Kegiatan pembinaan ini merupakan
salah satu cara untuk menciptakan peluang usaha baru dan untuk meningkatkan
kesejahteraan guna memenuhi semua kebutuhan hidup. Kegiatan ini juga diharapkan
dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan persoalan
sosial di masyarakat, melalui program
pelatihan kepemudaan.
Melalui kagiatan pembinaan pembuatan
bros / Souvenir yang di lakukan bersama dengan pemuda binaan yang ada di Desa
Tanjung Harapan diharapkan bisa dijadikan suatu contoh dalam program
pemberdayaan masyarakat. Hasil dari kegiatan pembinaan tersebut dapat menambah
pengetahuan dan keterampilan para pemuda binaan. .Kegiatan pembinaan pembuatan bros
/ Souvenir ini dapat dipraktekkan oleh pemuda
binaan dan masyarakat secara langsung karena proses pembuatan bros / Souvenir
ini cukup mudah dan prospek kedepannya pun dapat membantu meningkatkan
perekonomian masyarakat.
B.
Saran
Kegiatan pembinaan pembuatan bros /
Souvenir dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar atas dukungan dari
berbagai pihak. Untuk itu pihak pemerintah desa setempat diharapkan lebih
mendukung terhadap kegiatan pembinaan seperti ini dan dapat menjadikan kegiatan
pembinaan seperti ini sebagai salah satu dari program pemerintah desa untuk
menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakatnya,kegiatan pembinaan ini juga
bisa dijadikan sebagai modal pengetahuan dan keterampilan untuk membuka usaha
baru.
Selain itu dalam kegiatan pembinaan
yang telah dilaksanakan masih banyak kekurangan, seperti tidak pernah diadakan
kegiatan penyuluhan dari pemerintah desa, minimalnya dana yang tersedia, dan
banyak masyarakat yang masih belum mengerti tentang nilai-nilai positif dari
diadakannya kegiatan pembinaan ini. Semoga saran ini dapat di realisasikan pada
kegiatan pembinaan di waktu yang akan datang.
C.
Tindak Lanjut
Setelah mengadakan kegiatan
pembinaan ini kami sebagai pelaksana merasa bangga dan bersyukur kehadirat
Allah SWT karena selain dapat membekali pengetahuan dan keterampilan kepada
pemuda binaan khususnya dan masyarakat umumnya. Kegiatan pembinaan ini
merupakan pengalaman yang sangat berharga tentunya bagi mahasiswa sebagai
pelaksana. Selanjutnya sebagai tindak lanjut kami mengadakan program pemantauan
dan evaluasi secara berkelanjutan supaya pemuda binaan yang sudah mempunyai bekal pengetahuan dan
keterampilan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya kelak bisa menjadi salah
satu pengusaha bros / Souvenir yang sukses dan mempunyai masa depan yang lebih
cerah. Semoga segala upaya yang sudah kami terapkan dapat bermanfaat Amin Ya Robbal Alamin.
DAFTAR PUSTAKA
Hatimah, Ihat. (2008). Pembelajaran
Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka.
LAMPIRAN
IDENTITAS
MAHASISWA
NAMA : SUCI
ZURAINA
NIM :
820145886
PROGRAM
STUDI : S.1. PGSD
POKJAR : 1 (SATU)
SEMESTER : 7 (TUJUH)
KAB./KOTA : LINGGA
UPBJJ-UT : 013/BATAM
Dabo
Singkep, Oktober 2014
Penulis
SUCI ZURAINA
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
IYUT ABDULLAH
Tanggal lahir :
Dabo Singkep,29 April 1968
Umur :
48 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
1.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
1.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Ibu rumah tangga
Keterampilan yang dimiliki : bisa menyulam benang wol
Dabo Singkep, Juni 2014
IYUT ABDULLAH
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
SALBIAH
Tanggal lahir :
Dabo Singkep,29 April 1970
Umur :
44 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW : 002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
2.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
2.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Tidak Bekerja
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
SALBIAH
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
RAFEAH
Tanggal lahir :
Dabo Singkep,19 Maret 1974
Umur :
40 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
3.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
3.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Pembantu rumah tangga
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
RAFEAH
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
ROAIDAH
Tanggal lahir :
Palembang,02 Februari 1978
Umur :
36 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
4.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
4.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Ibu rumah tangga
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
ROAIDAH
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
LIA MARETA
Tanggal lahir :
Tanjungpinang,26 Januari 1989
Umur :
25 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
5.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
5.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Tidak Bekerja
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
LIA MARETA
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
NOVA TRYVANY
Tanggal lahir :
Dabo Singkep,05 Desember 1985
Umur :
29 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
1.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
1.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Ibu rumah tangga
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
NOVA TRIVANY
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
Nama :
ARYATI
Tanggal lahir :
Dabo Singkep,10 Juni 1982
Umur :
32 Tahun
Jenis Kelamin : Laki/Perempuan
Alamat :
JALAN MERAK TELEK
RT/RW :002 / 005 Desa/Dusun Tanjung Harapan Kecamatan Singkep
Status dalam keluarga :
2.
Suami 2.
Istri 3.
Anak
4.
Orangtua/Mertua 5.
Lain-lain
Status Perkawinan :
2.
Kawin 2. Tidak
Kawin 3. Duda/Janda
Pekerjaan :
Tidak Bekerja
Keterampilan yang dimiliki : bisa berkreasi dengan kain perca dan flannel
Dabo Singkep, Juni 2014
ARYATI
DAFTAR HADIR
KEGIATAN
KEPEMUDAAN
PEMBUATAN
BROS / SOUVENIR
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||
1.
|
Iyut A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|||||
1.
|
Iyut
A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia
Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova
T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|||||
1.
|
Iyut
A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia
Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova
T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
|||||
1.
|
Iyut
A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia
Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova
T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
|||||
1.
|
Iyut A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
No.
|
Nama
|
Pertemuan Ke
|
Ket
|
|||||||||||
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
|||||
1.
|
Iyut A.
|
|||||||||||||
2.
|
Rafeah
|
|||||||||||||
3.
|
Salbiah
|
|||||||||||||
4
|
Roaidah
|
|||||||||||||
5
|
Lia Mareta
|
|||||||||||||
6
|
Nova T.
|
|||||||||||||
7
|
Aryati
|
|||||||||||||
FORMAT
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KEGIATAN KEPEMUDAAN
NAMA :
SUCI ZURAINA
NIM :
820145886
POKJAR :
19032/Kecamatan Singkep
UPBJJ – UT :
013/Batam
No
|
Nama
Pemuda
|
Identitas
|
Minat
Kegiatan Kepemudaan
|
Cita
- cita
|
||
Jenis
Kelamin
|
Usia
(th)
|
Pendidikan
|
||||
1
|
IYUT
|
Pr
|
40
|
SD
|
Keterampilan
|
Guru
|
2
|
RAFEAH
|
Pr
|
23
|
SD
|
Keterampilan
|
Dokter
|
3
|
SALBIAH
|
Pr
|
28
|
SD
|
Keterampilan
|
Dokter
|
4
|
ROAIDAH
|
Pr
|
36
|
SD
|
Keterampilan
|
Guru
|
5
|
LIA MARETA
|
Pr
|
25
|
SD
|
Keterampilan
|
Pengusaha
|
6
|
NOVA
TRYVANY
|
Pr
|
29
|
SD
|
Keterampilan
|
Marketing
|
7
|
ARYATI
|
Pr
|
32
|
SD
|
Keterampilan
|
Guru
|
Kepala Desa
Tanjung Harapan Kasi
Kesejahteraan Sosial
Kecamatan Singkep Kecamatan
Singkep
H. ABDUL RAHMAN SUHERMAN
NIP.196111071987111 002
Instruktur
Mata Kuliah
SRI
KARTINI,S.Pd,M.Pd
NIP.
19720206 200604 2013
PENILAIAN LAPORAN
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR MAKSIMAL
|
1
|
Pendahuluan
|
|
a. Mencantumkan latar
belakang
|
||
b. Merumuskan tujuan
secara umum
|
||
c. Merumuskan hasil
kegiatan secara umum
|
||
2
|
Pelaksanaan Program
|
|
a. Tempat dan waktu
pelaksanaan
|
||
b. Materi pelatihan/kegiatan
|
||
c. Strategi dan
deskripsi jalannya kegiatan
|
||
3
|
Temuan dan hasil
|
|
a. Temuan/hasil
evaluasi proses
|
||
b. Temuan/hasil
evaluasi produk
|
||
c. Pembahasan
|
||
d. Gambaran keaktifan
(cara merespon/cara mem
|
||
Praktekan petunjuk yang diberikan/antusiasme
|
||
Untuk datang mengikuti kegiatan) 14
pemuda
|
||
Yang dibina.
|
||
4
|
Kesimpulan - saran
dan tindak lanjut
|
|
a. Kesimpulan
|
||
b. Saran
|
||
c. Tindak Lanjut
|
||
d. Lampiran format
identifikasi kebutuhan kegiatan
|
||
Kepemudaan secara lengkap diisi data
7 pemuda
|
||
Skor Maksimal
|
KETUA RT 002 RW 005 KAMPUNG TELEX
DESA TANJUNG HARAPAN
KECAMATAN SINGKEP
KABUPATEN LINGGA
SURAT
KETERANGAN
Nomor
: / RT.002 /RW.005/2014
Ketua
RT 002 / RW 005 Kampung Telex Desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep Kabupaten
Lingga, dengan ini menerangkan bahwa :
Nama :
SUCI ZURAINA
Tempat / Tanggal Lahir : Dabo Singkep, 26 Maret 1992
Status pendidikan : Mahasiswa S1 PGSD UT
Alamat :
Jl.Merak Dalam Kp Telex Rt 002 Rw 005
Desa
Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep
Adalah benar sebagai mahasiswa UT,
Program S1./PGSD berdomisili di RT 002 RW 005 Kampung Telex yang melakukan
praktek kegiatan program kepemudaan di kawasan RT 002/RW 005, dengan
kegiatan Pembuatan Bros / Souvenir. Saya selaku ketua RT 002/ RW 005 dengan ini
menyatakan tidak keberatan dan mendukung
terlaksananya kegiatan tersebut.
Demikian Surat
Keterangan ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui, Dabo
Singkep, 30 Juni 2014
Ketua RT 005 Ketua
RW 002
JONI ARDY MIZAN
Comments