LAPORAN
PKP
(PDGK 4501)
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
PESERTA DIDIK KELAS V.B SD NEGERI 018 SINGKEP
Diajukan unt uk memenuhi salah satu syarat matakuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
( Pendidikan Guru Sekolah Dasar PDGK 4501 )
Disusun oleh :
SUCI ZURAINA
NIM 017347443
REGISTRASI 2015.1 PROGRAM STUDI S-1
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
POKJAR DABO SINGKEP
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT BATAM
TAHUN 2015
PENGESAHAN
Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika
Peserta Didik kelas V.B Melalui
Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Di SD Negeri 018 Singkep
Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional PDGK 4501
Disusun oleh:
SUCI ZURAINA
NIM 820145886
Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pokjar 19032/Dabo Singkep Masa Registrasi 2015.1
Batam, Juni 2015
Kepala
UPBJJ-UT Batam
drh.
ISMED SAWIR, M.Sc
NIP
19580305 198903 1 003
PENGESAHAN
LAPORAN HASIL
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Judul
|
:
|
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Peserta Didik Kelas V.B melalui Metode Kooperatif tipe STAD di SD Negeri 018
Singkep Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
|
Nama Mahasiswa
|
:
|
SUCI ZURAINA
|
NIM
|
:
|
820145886
|
Program Studi
|
:
|
S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Tempat Mengajar
|
:
|
SD Negeri 018 Singkep
|
Jumlah Siklus
Pembelajaran
|
:
|
Dua siklus
|
Hari dan
tanggal Pelaksanaan
|
:
|
1. Siklus
I Rabu,22 April 2015
2. Siklus
II Rabu,29 April 2015
|
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan:
1. Rendahnya pemahaman peserta didik terhadap
materi Bangun Ruang
2.
Peningkatan kualitas hasil belajar tiap siklus.
3.
Menambah wawasan mahasiswa dalam mengatasi permasalahan
pembelajaran secara profesional.
Dabo, 3 Juni
2015
Supervisor 1,
Fezi
Karyadi,S.Pd.M,Pd
NIP.19770318 200012 1 002
|
Mahasiswa,
Suci Zuraina
NIM 820145886
|
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi matakuliah PKP
pada program studi SI PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya
saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip
dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai
dengan norma,kaidah,dan etika penulisan karya ilmiah
Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan
hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian bagian tertentu,Saya
bersedia menerima sanksi,termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai
dengan perundang-undang yang berlaku.
Dabo
Singkep, Juni 2015
Yang
membuat pernyataan
SUCI
ZURAINA
NIM.820145886
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbilalamin, penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang atas
Rahmad-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang berjudul:
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA DENGAN MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS V.B
SEMESTER 2 SD NEGERI 018 SINGKEP
Penelitian ini merupakan tugas yang diberikan
kepada penulis sebagai satu diantara syarat keberhasilan dalam mengikuti
program Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada UPBJJ-UT Batam.
Penelitian ini dapat kami diselesaikan
atas kerjasama yang baik dan bantuan dari berbagai pihak terkait, untuk itu sudah
selayaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.
Kepala UPBJJ-UT Batam beserta staf.
2.
Pengelola Program S.1 UT Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga.
3.
Ibu Kamarariah,S.Pd,SD sebagai Kepala SD Negeri 018 Singkep.
4.
Bapak Fezi Karyadi,S.Pd.M,Pd sebagai Supervisor 1.
5.
Bapak Fauzi,S.Pd,SD sebagai Supervisor 2 dan Penilai 2.
6.
Ibu Jusmaniah,S.Pd,SD Sebagai Penilai 1.
7.
Peserta didik Kelas V.B SD Negeri 018 Singkep.
8.
Teman-teman Seperjuangan
9.
Ibu dan Adik-adik Tercinta yang senantiasa mendukung.
Sebagai ungkapan rasa terima kasih,
penulis memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa semoga kepada semua pihak yang
telah berkenan memberikan dukungan dan bantuan kepada penulis, sehingga
terselesaikannya laporan PKP ini, selalu mendapat rahmat dan karunia dari Tuhan
Yang Maha Kuasa.
Penulis berkeyakinan bahwa laporan
PKP ini masih sangat perlu disempurnakan, oleh karenanya semua kritik dan saran
yang konstruktif akan diterima dengan terbuka untuk perbaikan dikemudian hari.
Semoga laporan PKP ini dapat memenuhi fungsinya, dan bermanfaat.
Penulis menyadari bahwa laporan penelitian
yang penulis sajikan ini masih jauh dari sempurna, karena itu kritik dan saran
tetap diharapkan demi kesempurnaan penelitian ini.
Terima kasih, semoga penelitian ini
bermanfaat bagi pembaca umumnya dan penyusun pada khususnya
Dabo,
Juni 2015
Peneliti,
Suci
Zuraina
NIM.820145886
DAFTAR
ISI
JUDUL ….......................................…………………………………………………
|
i
|
||||
LEMBAR PENGESAHAN KEPALA UPBJJ-UT ………………………………..
|
ii
|
||||
LEMBAR PENGESAHAN SUPERVISOR 1 …………………………………….
|
iii
|
||||
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT OLEH MAHASISWA ................
|
iv
|
||||
KATA PENGANTAR
...........................................………………………………...
|
v
|
||||
DAFTAR ISI …..........................…………………………………………………...
|
vii
|
||||
DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………...
|
ix
|
||||
DAFTAR TABEL DAN GRAFIK …… .
……………………………………….....
|
x
|
||||
ABSTRAK
………………………………………………………………………….
|
xi
|
||||
|
|
|
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN………………………..………………………….
|
1
|
||
|
|
A.
|
Latar Belakang ……………………...………………………….
|
1
|
|
|
|
B.
|
Rumusan Masalah ………………...…………………………....
|
3
|
|
|
|
C.
|
Tujuan ...........................................
…………………………….
|
3
|
|
|
|
D.
|
Manfaat Perbaikan Pembelajaran
………………………….......
|
3
|
|
|
|
|
|
||
BAB II
|
:
|
KAJIAN PUSTAKA
..........................................................................
|
5
|
||
|
|
|
|
||
BAB III
|
:
|
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN ......................
|
15
|
||
|
|
A.
|
Subjek, Tempat, Waktu, Pihak yang
membantu Penelitian ........
|
15
|
|
|
|
B.
|
Desain
Prosedur Perbaikan
Pembelajaran ..................................
|
16
|
|
|
|
|
1.
|
Siklus I...............................................................................
|
16
|
|
|
|
2.
|
Siklus II............................................................................
|
18
|
|
|
C.
|
Teknik Analisis Data
…………………………………………...
|
20
|
BAB IV
|
:
|
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
...............................
|
22
|
|||
|
|
A.
|
Deskripsi
Perbaikan Pembelajaran Bahasa
Indonesia ...........
|
22
|
||
|
|
|
1.
|
Siklus I
.........................................................................
|
22
|
|
|
|
|
2.
|
Siklus II
.........................................................................
|
27
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
B.
|
Pembahasan
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran ...........
|
31
|
||
|
|
|
1.
|
Pembelajaran Siklus I .....................................................
|
31
|
|
|
|
|
2.
|
Pembelajaran pada Siklus II ..........................................
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB V
|
:
|
SIMPULAN DAN
SARAN TINDAK LANJUT ..........................
|
34
|
||
|
|
A.
|
Simpulan ..............................................................................
|
34
|
|
|
|
B.
|
Saran Tindak
Lanjut .......................................................
|
34
|
|
|
|
||||
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................
|
36
|
DAFTAR LAMPIRAN
- Surat Kesediaan Supervisor 2 Sebagai Pembimbing
- Daftar Riwayat Hidup Supervisor 2
- Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Prasiklus
- Rencana Perbaikan Pembelajaran ( RPP ) Siklus 1
- Rencana Perbaikan Pembelajaran ( RPP ) Siklus 2
- Lembar Observasi Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Siklus 1
- Lembar Observasi Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Siklus 2
- Jurnal Pembimbing Supervisor 2 PKP
- Hasil Pekerjaan Peserta Didik Yang Terbaik dan Terburuk
- Dokumentasi Penelitian
- APKG Siklus 1 dan Siklus 2
- Rekap APKG
- Lembar Pemeriksaan Laporan PKP
- Lembar Perhitungan Skor PKP
- Lembar Pengolahan Pemeriksaan Laporan PKP
DAFTAR TABEL-TABEL
halaman
Tabel 3.1
|
Jadwal Penelitian Tindakan Kelas
|
16
|
Tabel 4.1
|
Daftar Siklus 1 Kelas V.B
Matematika
|
24
|
Tabel 4.2
|
Distribusi Nilai Matematika Kelas
V.B
|
25
|
Tabel 4.3
|
Daftar Nilai Siklus 2
|
29
|
Tabel 4.4
|
Distribusi Nilai Matematika kelas
V.B
|
30
|
Tabel 4.5
|
Rekapitulasi Nilai I dan II
|
31
|
DAFTAR GRAFIK
halaman
Grafik 1.
|
Grafik Perolehan Nilai Peserta
Didik siklus I
|
25
|
Grafik 2.
|
Grafik Perolehan Nilai Peserta
Didik siklus II
|
30
|
Grafik 3
|
Grafik Rekapitulasi ketuntasan
siklus 1 dan siklus 2
|
31
|
|
|
|
ABSTRAK
Metode Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V.B
SD Negeri 018 Singkep Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Suci Zuraina NIM 820145886. 2015.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Peserta Didik kelas V.B SD Negeri 018
Singkep.Dalam pelaksanaannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan subjek penelitiannya
adalah Peserta Didik kelas V.B SD Negeri 018 Singkep sebanyak 20 Orang dengan
waktu penelitian yaitu tanggal 22 April dan 29 April 2015.Hasil penilaian
pembelajaran dalam kemampuan Peserta Didik dalam materi Bangun Ruang
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD telah menunjukkan
peningkatan.Kriteria keberhasilan KKM pelajaran Matematika kelas V.B
dikonversikan dengan nilai 62. Pembelajaran Matematika pada siklus 1 terdapat 7 peserta didik yang Tuntas, dan 13 peserta
didik yang tidak tuntas.Dengan persentase ketuntasan 40 %. Namun pada siklus
siklus 2 kenaikan hasil belajar meningkat menjadi 18 peserta didik tuntas dan 2
peserta didik yang tidak tuntas,atau dengan persentase ketuntasan 90 %. Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe STAD sangat efektif untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk materi Bangun Ruang.
Kata Kunci : Hasil
belajar,meningkat,kooperatif tipe STAD.bangun ruang
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dunia Pendidikan memiliki peranan
penting dalam kehidupan Manusia. Pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan
manusia dalam seluruh aspek kepribadian. Pendidikan meiliki kekuatan yang
dinamis melalui wadah ini seseorang dapat mengembangkan berbagai potensi yang
dimiliki secara optimal. Berbicara mengenai Pendidikan tidak terlepas dari
komponen pendidikan itu sendiri antara lain guru dan siswa melalui proses
pembelajaran yang dapat berhasil dengan baik apabila guru mampu dan mau
menguasai berbagai kemampuan untuk mengembangkan diri secara profesional.
Sejalan dengan program tersebut diatas melakukan perbaikan pembelajaran Matematika kelas V B pada SD Negeri 018 Singkep untuk melengkapi tugas dalam mata
kuliah pemantapan kemampuan profesional (PKP.PDGK4501) program S1-PGSD pada
Universitas Terbuka ( UT ).
Belajar tercermin
dari kognitif menyangkut kecerdasan atau intelektualitasnya. Seperti
pengetahuan yang dikuasai maupun cara
berpikir, afektif menyangkut aspek perasaan dan emosi, dan psikomotorik
mencangkup kemampuan yang mencangkup kemampuan yang menyangkut keterampilan
fisik dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu,seperti keterampilan dalam
bidang.
Namun kondisi pembelajaran di Kelas V.B SDN 018 Singkep tidak tercapai seperti apa yang diharapkan yaitu pada mata pelajaran Matematika hanya 3 peserta didik yang nilainya baik, 3 orang nilainya sedang dan 14 nilainya kurang maka penulis identifikasi dan analisa seperti dibawah
ini ;
Adapun permasalahan tersebut yaitu :
a.
Sebagian peserta didik pasif, kurang
aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.
Sebagian peserta didik tidak mengerti dengan pembelajaran.
c.
Motivasi belajar peserta didik kurang terhadap pembelajaran Matematika.
d.
Penulis memilih metode kurang tepat terhadap pembelajaran Matematika. Kelas 5 pada mata pelajaran Bangun Ruang.
e.
Tidak menggunakan
alat peraga atau media yang sesuai dan
tepat sasaran.
2.
Analisa Masalah
Dari identifikasi masalah pada
pembelajaran Matematika tentang pembelajaran Bangun ruang penulis menganalisa serta merumuskan masalah yang
terjadi. Adapun analisa masalah yang ditemukan dalam pembelajaran Matematika adalah :
a.
Dalam mengajar,Penulis terlalau banyak menggunakan metode ceramah.
b.
Penulis tidak
melibatkan peserta didik ketika
menjelaskan materi.
c.
Penulis kurang
memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik.
3.
Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Dengan adanya PKP
ini,penulis berencana untuk memperbaiki nilai Matemematika kelas V.B SD Negeri 018
Singkep Kabupaten Lingga dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe STAD.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka dapat dirumuskan sebuah masalah sebagai berikut :
1.
Apakah model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang
Bangun Ruang kelas V.B SD Negeri 018 Singkep ?
2.
Bagaimana langkah-langkah
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik tentang Bangun Ruang kelas V.B SD Negeri 018 Singkep ?
C. Tujuan penelitian
Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan permasalahan diatas,maka penelitian ini
bertujuan sebagai berikut :
1. Meningkatkan
hasil belajar peserta didik Pelajaran Matematika dengan materi Bangun Ruang
dikelas V.B SD Negeri 018 Singkep dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
2. Menerapkan
langkah-langkah model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Pelajaran
Matematika dengan materi Bangun Ruang dikelas V.B SD Negeri 018 Singkep.
D.
Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Dari perbaikan pembelajaran yang
ditempuh dalam dua siklus,
maka penulis menemukakan adanya
manfaat dari perbaikan pembelajaran tersebut, manfaat perbaikan itu adalah :
1.
Manfaat bagi guru.
Manfaat bagi guru adalah
sebagai berikut :
a.
Memperbaiki pembelajaran yang
dikelolanya, karena dengan adanya perbaikan menimbulkan rasa puas karena sudah
melakukan sesuatu untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
b.
Penelitian yang dilakukan di
dalam kelas,sehingga focus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa
perilaku penulis dan peserta didik dalam melakukan interaksi.
c.
Penulis dapat berperan aktif
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.
2.
Manfaat bagi peserta didik.
Manfaat yang akan didapat
peserta didik adalah sebagai berikut :
a.
Dengan adanya perbaikan pembelajaran
maka dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik.
b.
Peserta didik dapat perhatian
khusus dari guru.
c.
Peserta didik dapat berperan sebagai peneliti bagi hasil
belajarnya sendiri.
3.
Manfaat bagi Sekolah
a.
Sekolah yang berhasil mendorong
terjadinya inovasi pada diri guru telah berhasil pula meningkatkan kualitas
pendidikan untuk siswa. Sekolah yang para gurunya sudah mampu membuat perbaikan
mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang pesat.
b.
Hubungan kolegial yang sehat
yang tumbuh dari rasa saling saling membutuhkan akan menumbuhkan iklim kerja
sama yang kondusif untuk memajukan sekolah.
c.
Strategi atau teknik
pembelajaran dapat dihasilkan dari sekolah ini untuk disebarluaskan kepada
sekolah
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia
yang berfikir bagaimana menjalani kehidupan dunia ini dalam rangka
mempertahankan hidup dalam hidup dan penghidupan manusia yang mengemban tugas
dari Sang Kholiq untuk beribadah.
Manusia sebagai mahluk yang diberikan kelebihan oleh Allah Subhanaha
watta’alla dengan suatu bentuk akal pada diri manusia yang tidak dimiliki
mahluk Allah yang lain dalam kehidupannya, bahwa untuk mengolah akal pikirnya
diperlukan suatu pola pendidikan melalui suatu proses pembelajaran.
Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas
No.20 tahun 2003 Bab I, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Apabila ditarik secara garis besar dapat di
artikan pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau
kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan
latihan, proses perbuatan, cara mendidik masyarakatnya.
B.
Karakteristik Siswa SD
Anak
memiliki kematangan untuk belajar, karena pada masa ini dia sudah siap untuk
menerima percakapan-percakapan baru yang diberikan oleh sekolah.Pada masa
pra-sekolah sampai dengan usia sekitar 8 tahun tekanan belajar lebih difokuskan
pada ”bermain”, sedangkan pada masa Sekolah Dasar aspek intelektualitas sudah
mulai ditekankan.
Pada
masa usia sekolah Dasar ini sering pula sebagai masa intelektual atau masa
keserasian bersekolah. Pada masa keserasian bersekolah ini secara relatif
anak-anak lebih mudah dididik dari pada masa sebelum dan sesudahnya. Menurut
pendapat ini, masa keserasian bersekolah dibagi dalam dua fase yaitu ;
1.
Masa kelas-kelas rendah Sekolah Dasar (6 tahun sampai usia
sekitar 8 tahun). Dalam tingkatan kelas di Sekolah Dasar pada usia tersebut
termasuk dalam kelas 1 sampai dengan kelas 3. Jadi kelas 1 sampai dengan kelas
3 termasuk dalam kategori kelas rendah;
2.
Masa kelas-kelas tinggi Sekolah Dasar (9 tahun sampai kira-kira
umur 12).Dalam tingkatan kelas di Sekolah Dasar pada usia tersebut termasuk
dalam kelas 4 sampai dengan kelas 6. Jadi kelas 4 sampai kelas 6 termasuk dalam
kategori kelas tinggi;
Pada
masing-masing fase tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Masa-masa
kelas rendah siswa memiliki sifat-sifat khas sebagai berikut:
1.
Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan kesehatan
pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah
2.
Adanya sikap yang cenderung untuk memenuhi
peraturan-peraturan permainan yang tradisional
3.
Adanya kecenderungan memuji diri sendiri
4.
Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain,kalau
hal itu dirasanya menguntungkan untuk meremehkan anak lain
5.
Kalau tidak dapat menyelesaikan sesuatu soal, maka soal itu
dianggapnya tidak penting
6.
Pada masa ini (terutama pada umur 6,0-8,0) anak menghendaki
nilai (angka rapor) yang baik tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas
diberi nilai baik atau tidak
7.
Hal-hal yang bersifat konkret lebih mudah dipahami ketimbang
yang abstrak
8.
Kehidupan adalah bermain. Bermain bagi anak usia ini adalah
sesuai yang dibutuhkan dan dianggap serius. Bahkan anak tidak dapat membedakan
secara jelas perbedaan bermain dengan bekerja
9.
Kemampuan mengingat (memory) dan berbahasa berkembang sangat
cepat dan mengagumkan.
Sedangkan
ciri-ciri sifat anak pada masa kelas tinggi di Sekolah Dasar yaitu :
1.
Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang
konkret; hal ini menimbulkan adanya kecendrungan untuk membandingkan
pekerjaan-pekerjaan yang praktis;
2.
Amat realistik, ingin tahu, dan ingin belajar;
3.
Menjelang akhir masa ini telah ada minat terhadap hal-hal
atau mata pelajaran khusus, para ahli yang mengikuti teori faktor ditafsirkan
sebagai mulai menonjolnya faktor-faktor;
4.
Sampai kira-kira umur 11 anak membutuhkan guru atau
orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya dan memenuhi
keinginannya.Setelah
kira-kira umur 11 pada umumnya anak menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan
berusaha menyelesaikannya sendiri.
5.
Pada masa ini anak memandang nilai (angka rapor) sebagai
ukuran yang tepat (sebaik-baiknya) mengenai prestasi sekolah.
6.
Anak-anak pada masa ini gemar membentuk kelompok sebaya,
biasanya untuk dapat bermain bersama-sama. Di dalam permainan ini biasanya anak
tidak lagi terikat kepada aturan permainan yang tradisional; mereka membuat
peraturan sendiri;
7.
Peran manusia idola yang sempurna. Karena itu guru acapkali
dianggap sebagai manusia yang serba tahu.
C.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan
untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan
pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini
cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan
pembelajaran / pelatihan.
Ada beberapa
jenis media pembelajaran, diantaranya :
1.
Media Visual : grafik,
diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.
Media Audial : radio,
tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.
Projected still media : slide;
over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.
Projected motion media :
film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu
sendiri yang menentukan hasil belajar. Ternyata
keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran
untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara
menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam
memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut.
Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam
media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
D.
Hasil Belajar
Belajar dan
mengajar merupakan konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar
merujuk
pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subyek dalam belajar. Sedangkan
mengajar merujuk pada apa yang seharusnya dilakukan seseorang guru sebagai
pengajar.
Dua konsep belajar mengajar yang dilakukan oleh
siswa dan guru terpadu dalam satu kegiatan. Diantara keduannya itu terjadi
interaksi dengan guru. Kemampuan yang dimiliki siswa dari proses belajar mengajar
saja harus bisa mendapatkan hasil bisa juga melalui kreatifitas seseorang itu
tanpa adanya intervensi orang lain sebagai pengajar.
E.
Pembelajaran Matematika di
SD
Matematika merupakan hal penting
bagi insan manusia karena sering dipakai kegiatan di masyarakat seperti
menghitung uang saku atau menentukan jam berangkat ke sekolah. Pendidikan
matematika di sekolah dasar bermanfaat bagi siswa. Tujuan pembelajaran di SD
untuk mengetahui dasar ilmu hitung untuk nantinya melanjutkan ke sekolah
menengah pertama.
Dalam pembelajaran matematika SD,
agar bahan pengajaran yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa,
diperlukan alat bantu pembelajaran yang disebut dengan media. Media adalah alat
bantu pembelajaran yang secara sengaja
dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan dan/atau
menjelaskan bahan pelajaran serta digunakan siswa untuk terlibat langsung
dengan pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika media konkret
sangat diperlukan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan
F.
Student Team Achievement Division (STAD)
Pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh
Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin,
1995) merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan
pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai
menggunakan pembelajaran kooperatif.
Student Team
Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif
yang paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat
orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan
suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk
memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut.
Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang materi itu dengan catatan, saat
kuis mereka tidak boleh saling membantu.
Model Pembelajaran
Koperatif tipe STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan
pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling
membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akademik baru kepada siswa
setiap minggu mengunakan presentasi Verbal atau teks.
Menurut Slavin (dalam Noornia, 1997: 21) ada lima
komponen utama dalam pembelajaran kooperatif metode STAD, yaitu:
a.
Penyajian Kelas Penyajian
kelas merupakan penyajian materi yang dilakukan guru secara klasikal dengan
menggunakan presentasi verbal atau teks. Penyajian difokuskan pada
konsep-konsep dari materi yang dibahas. Setelah penyajian materi, siswa bekerja
pada kelompok untuk menuntaskan materi pelajaran melalui tutorial, kuis atau
diskusi.
b.
Menetapkan siswa dalam kelompok.Kelompok menjadi hal yang sangat penting dalam STAD karena didalam kelompok
harus tercipta suatu kerja kooperatif antar siswa untuk mencapai kemampuan
akademik yang diharapkan. Fungsi dibentuknya kelompok adalah untuk saling
meyakinkan bahwa setiap anggota kelompok dapat bekerja sama dalam belajar.
Lebih khusus lagi untuk mempersiapkan semua anggota kelompok dalam menghadapi
tes individu. Kelompok yang dibentuk sebaiknya terdiri dari satu siswa dari
kelompok atas, satu siswa dari kelompok bawah dan dua siswa dari kelompok
sedang.
c.
Tes dan Kuis .Siswa diberi tes individual setelah melaksanakan satu atau dua kali
penyajian kelas dan bekerja serta berlatih dalam kelompok. Siswa harus
menyadari bahwa usaha dan keberhasilan mereka nantinya akan memberikan
sumbangan yang sangat berharga bagi kesuksesan kelompok.
d.
Skor peningkatan individual. Skor peningkatan individual berguna untuk memotivasi agar bekerja keras
memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Skor
peningkatan individual dihitung berdasarkan skor dasar dan skor tes. Skor dasar
dapat diambil dari skor tes yang paling akhir dimiliki siswa, nilai pretes yang
dilakukan oleh guru sebelumnya melaksanakan pembelajaran kooperatif metode
STAD.
e.
Pengakuan kelompok.Pengakuan kelompok dilakukan dengan memberikan penghargaan atas usaha yang
telah dilakukan kelompok selama belajar. Kelompok dapat diberi sertifikat atau
bentuk penghargaan lainnya jika dapat mencapai kriteria yang telah ditetapkan
bersama. Pemberian penghargaan ini tergantung dari kreativitas guru.
G.
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dikenal dengan nama Classroom Action Reserch merupakan suatu model penelitian yang
dikembangkan di kelas. Ide tentang penelitian tindakan pertama kali dikembangka noleh Kurt dan lewin pada tahun 1946.Beberapa pengertian PTK menurut para ahli :
Menurut Lewin (Tahir 2012:77), PTK merupakan
siasat guru dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan berkaca pada pengalamnya
sendiri atau dengan perbandingan dari guru lain.
Menurut Bahri (2012:8), Penelitian Tindakan
Kelas merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamati
kejadian-kejadian dalam kelas untuk memperbaiki praktek dalam
pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil belajarpun
menjadi lebih baik.
Menurut Suyadi,2012:18, PTK secara lebih
sistematis dibagi menjadi tiga kata yaitu penelitian, tindakan, dan kelas.
Penelitian yaitu kegiatan mengamati suatu objek tertentu dengan menggunakan
prosedur tertentu untuk menemukan data dengan tujuan meningkatkan mutu.
Kemudian tindakan yaitu perlakuan yang dilakukan dengan sengaja dan terencana
dengan tujuan tertentu. Dan kelas adalah tempat di mana sekelompok peserta
didik menerima pelajaran dari guru yang sama.
berikut ini dikemukakan langkah-langkah yang
harus dilakukan dalam melakukan penelitian tindakan kelas tersebut. :
1)
Langkah pertama, guru harus
melakukan identifikasi dan analisis masalah Pembelajaran.
2)
Langkah kedua, guru harus
membuat perencanaan PTK dengan siklus-siklusnya, yang di antaranya meliputi :
a.
menyusun rpp
b.
menyusun instrumen tes
c.
menyusun lembar tugas
d.
menyusun pertanyaan wawancara
e.
menyusun format observasi
f.
menyusun angket
3)
Langkah
ketiga, setelah perencanaan disusun secara matang dan memadai, guru dapat
melaksanakan PTK sesuai dengan urutan siklus yang direncanakan, di antaranya
meliputi :
a.
melakukan tindakan sesuai
dengan rpp
b.
melakukan observasi
c.
merekam atau mencatat hasil
observasi
d.
melakukan evaluasi hasil
belajar
e.
melakukan evaluasi kinerja
f.
melakukan wawancara
g.
dsb.
4) Langkah keempat, jika rencana yang sudah
dibuat dilaksanakan, langkah selanjutnya guru melakukan refleksi terhadap
tindakan dengan mempertimbangkan informasi yang diperoleh dari hasil
pengamatan, hasil wawancara, hasil tes, hasil quiz, atau informasi lainnya.
Dalam refleksi tersebut, guru perlu mempertimbangkan dan menggambarkan secara
objektif hal-hal berikut :
a. Apakah proses tindakan sudah berjalan dengan baik?
b. Apakah proses belajar lancar?
c. Apakah hasil belajar meningkat?
d. Apakah masalah kelas teratasi?
5) Langkah kelima, berdasarkan hasil refleksi
yang sudah dilakukan, guru dapat membuat simpulan tentang proses dan hasil
belajar yang dicapai melalui tindakan yang dijalankan itu. Simpulan tersebut
dapat berupa
a. proses belajar telah berjalan lancar dan baik
atau proses belajar belum berjalan dengan baik,
b. hasil belajar telah memenuhi kriteria yang
diharapkan atau hasil belajar belum memenuhi harapan,
c. kondisi pembelajaran telah dapat diperbaiki
atau kondisi pembelajaran masih perlu dibenahi atau diperbaiki lagi
d. dan sebagainya.
6) Langkah
keenam, berdasarkan simpulan yang telah dibuat dari hasil refleksi, langkah
selanjutnya guru harus membuat keputusan. Keputusan tersebut dapat berupa
pernyataan sebagai berikut :
a. Jika masalah
yang dirumuskan sudah dicapai, pelaksanaan tindakan dapat diakhiri (selesai).
b. Jika masalah
dianggap belum teratasi, perlu dilakukan siklus 2.
c. Jika PTK
masih dilanjutkan pada siklus II, perlu dimulai lagi perencanaan siklus II yang
dirancang berdasarkan hasil refleksi pada siklus I.
d. Demikian seterusnya,
sampai permasalahan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat dituntaskan
penyelesaiannya.
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
A. Subjek,Tempat,dan Waktu Penelitian,Pihak yang Membantu
1.
Subjek Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan
pada Kelas V SD Negeri 018 Singkep Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga pada Mata
pelajaran Matematika.
Peserta
didik yang diteliti berjumlah 20 orang. Yang terdiri dari 11 orang peserta
didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan.
2.
Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
018 Singkep dijalan Mutiara Sekop Darat,Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga. Lokasi
sekolah dekat dengan perkampungan dan juga dekat dengan laut. Sehingga
pengetahuan peserta didik tentang laut dan lingkungan cukup baik.
3.
Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan tanggal 22
Maret s.d 07 Juni 2015. Perbaikan pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika
tiap siklusnya disusun dengan disesuaikan jadwal pelajaran disekolah yaitu
sebagai berikut:
Tabel 3.1
Jadwal Penelitian Tindakan Kelas
No
|
Mata Pelajaran
|
Siklus
|
Waktu Pelaksanaan
|
2.
3.
|
Matematika
Matematika
|
Siklus I
Siklus II
|
Rabu,22 April 2015
Rabu, 29 April 2015
|
4.
Pihak yang membantu
Pihak yang membantu dalam penelitian ini adalah :
1)
Fezi Karyadi,S.Pd,M.Pd sebagai tutor pembimbing selaku
Supervisor I
2)
Fauzi,S.Pd.SD Selaku Supervisor II dan Penguji II.
3)
Jusmaniah,S.Pd.SD Selaku Penguji I.
4)
Kamariah,S.Pd.SD Selaku Kepala Sekolah SD Negeri 018
Singkep.
5)
Peserta didik kelas V.B SD Negeri 018 Singkep.
B. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
1.
Siklus 1
a.
Perencanaan
Berdasarkan temuan pada studi pendahuluan dan hasil diskusi dengan supervisor 2, penulis merencanakan langkah–langkah yang akan dilaksanakan di kelas dalam pembelajaran Matematika dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Secara operasional dapat dijelaskan sebagai berikut:
Pada tahap ini peneliti menyiapkan :
a.
Rencana Perbaikan Pembelajaran ( RPP
1 )
b.
Lembar Observasi
c.
Lembar Penilaian ( APKG PKP 1 dan APKG PKP 2 )
d.
Alat peraga berupa Bangun Ruang ( dibuat dari karton )
e.
Lembar pengamatan
b.
Pelaksanaan
Pelaksanaan
perbaikan pembelajaran pada siklus pertama dilaksanakan
pada tanggal 22 April 2015. Pada tahap ini penulis melaksanakan
kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran I. Kegiatan
pembelajaran dimulai dengan:
Kegiatan
awal :
1)
Persiapan
2)
Apersepsi
3)
Memotivasi siswa
Pada
kegiatan inti :
1)
Penulis membagi peserta didik
menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 4 ( empat ) peserta didik,secara
heterogen menurut prestasi,jenis kelamin,suku,dan lain-lain.
2)
Penulis menyampaikan
materi pembelajaran.
3)
Penulis menunjukan
alat peraga berupa Bangun ruang yang terdiri dari
Tabung,Prisma tegak segi empat,Kerucut,Limas segi empat,Limas segitiga.dan
membaginya kepada masing-masing kelompok ( 1 kelompok mendapatkan 1 Bangun
ruang ).
4)
Penulis membagikan lembar
Kerja Siswa ( LKS ) dikerjakan secara berkelompok.
5)
Peserta didik yang paham
tentang Bangun ruang diminta untuk menjelaskan kepada temannya yang kurang
mengerti.
6)
Penulis mengadakan
Tanya jawab
Pada
kegiatan akhir :
1)
Peserta didik dibimbing penulis untuk menyimpulkan pelajaran
2)
Peserta didik diberikan Lembar
Evaluasi yang dikerjakan secara individu
3)
Penulis memberikan kesimpulan
pada akhir pembelajaran.
c.
Pengamatan
Tahap ini
bertujuan untuk mengetahui kelemahan,kekurangan, dan kelebihan pada siklus pertama. Kegiatan ini
berguna untuk memperbaiki
pelajaran pada siklus
berikutnya.
d.
Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan siklus I, serta
temuan-temuan lainya maka penulis merumuskan
tindak lanjut yang akan dilakukan pada siklus berikutnya.
2.
Siklus
II
a.
Perencanaan
Pada tahap ini peneliti menyiapkan
1)
Membuat rencana perbaikan
pembelajaran dua dengan kompetensi dasar Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang
sederhana.
2)
Menyiapkan lembar observasi
3)
Menyiapkan penilaian ( APKG PKP I dan APKG PKP II )
4)
Lembar pengamatan
b.
Pelaksanaan
Pelaksanaan
perbaikan pembelajaran dua pada siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 22 April 2015.Pada tahap ini peneliti melaksanakan perbaikan
pembelajaran sesuai dengan perbaikan dua kegiatan pembelajaran dimulai dengan.
Kegiatan awal :
1)
Persiapan
2)
Apersepsi
3)
Memotivasi siswa
Pada kegiatan inti yaitu :
1)
Penulis membagi peserta didik
menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 4 ( empat ) peserta didik,secara
heterogen menurut prestasi,jenis kelamin,suku,dan lain-lain.
2)
Penulis menyajikan materi pembelajaran.
3)
Penulis memberikan tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompoknya.Anggota yang tahu
menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
4)
Penulis memberikan kuis/pertanyaan
kepada seluruh peserta didik.Pada saat ada siswa menjawab kuis/pertanyaan
itu,siswa lain tidak boleh membantu.
5)
Penulis menyampaikan agar
siswa membaca dan rajin mengulang materi pelajaran yang telah diterima.
Pada
kegiatan akhir:
1)
Penulis menyimpulkan materi
pelajaran dengan melibatkan Peserta didik.
2)
Penulis member evaluasi proses
pembelajaran.
3)
Penulis menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
c.
Pengamatan
Tahap ini
bertujuan untuk memperbaiki kelemahan, kekurangan dan kelebihan pada siklus
pertama. Pengamatan ini dilakukan oleh penguji 1
dan penguji 2 yaitu Fauzi,S.Pd,SD
dan Jusmaniah,S.Pd.SD seorang guru
kelas V SD Negeri 018 Singkep Kecamatan Singkep Kabupaten
Lingga.
d.
Refleksi
Berdasarkan
hasil pengamatan ( Observasi ) dan siklus I ternyata pada siklus kedua
diperoleh temuan bahwa dengan melakukan diskusi dan persentasi, siswa dengan
mudah memahami materi pembelajaran dan dapat menarik minat siswa terlibat
aktif dalam pembelajaran.
C. Teknik Analisis Data
Untuk mengumpulkan data-data
perbaikan penelitian,penulis menggunakan instrument sebagai berikut :
1.
Lembar Observasi
Kegiatan
observasi berarti pengamatan dengan tujuan tertentu, yaitu untuk mengumpulkan
data-data hasil perbaikan. Observasi daalam penelitian tindakan kelas dilakukan
terhadap penulis sebagai peneliti oleh supervisor 2 dan pengamatan (observasi)
terhadap siswa sebagai subjek penelitian.Lembar observasi terhadap guru sebagai
peneliti adalah jurnal yang telah disediakan oleh UT yang digunakan untuk
observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran.
2.
Lembar tes / soal – soal tes
Untuk
mengetahui hasil perbaikan pembelajaran,data-data dikumpulkan melalui hasil tes
pembelajaran.Tes pembelajaran.Tes pembelajaran berupa soal-soal tes yang
disusun dalam RPP (Rencana Perbaikan Pembelajaran) setiap siklus.
Teknik
analisis data pada penelitian perbaikan ini secara kuantitatif dan
kualitatif.Data kuantitatif ( hasil belajar
) diperoleh dari hasil Lembar Evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada siklus 1 dan 2. Rumusan yang digunakan untuk
mendapatkan hasil belajar peserta didik adalah :
Skor Benar
Skor Maksimal
Sedangkan persentase
ketuntasan peserta didik dengan rumusan :
Jumlah Peserta didik yang tuntas
Jumlah Keseluruhan Peserta didik
BAB IV
Hasil dan Pembahasan
A.
Deskripsi
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Siklus I
a.
Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan
siklus I mata pelajaran Matematika pada hari Rabu,22
April 2015 diikuti oleh 20 peserta
didik kelas V.B yang terdiri dari 8 anak laki-laki
dan 12 anak perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x pertemuan (2 x
35 menit).
b.
Hasil Belajar Siswa
Data dari
tes akhir pada prasiklus menunjukkan
bahwa peserta didik memperoleh nilai ≥ 62 pada mata pelajaran Matematika sebanyak 2 dari 20 peserta didik atau 10 %. Dan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 62 sebanyak 18
dari 20 peserta didik atau 80 %. Ini berarti kriteria pada prasiklus pada mata pelajaran Matematika masih
banyak kekurangannya untuk memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang mendapat
nilai ≥ 62 atau sebesar 85 % lebih.
c.
Refleksi
Pada akhir
siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik belum
memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan
guru teman sejawat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari
keseluruhan yang diamati yaitu:
Kelebihan Pembelajaran pada
siklus I :
1)
Peserta didik tampak antusias pada
kegiatan awal pembelajaran.
2)
Penulis memulai pembelajaran
dengan pertanyaan motivasi untuk mengoptimalkan semangat siswa
terhadap pelajaran Matematika.
3)
Penulis membagi anggota kelompok dalam pembagian tugas dalam
kelompok belajar.
Kekurangan Pembelajaran pada Siklus I
1)
Penulis tidak memperhatikan
pemahaman pada peserta didik tentang
pentingnya kerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah.
2)
Penulis belum
optimal dalam menanamkan prinsip cara mengkonstruksi sebuah pemahaman pada
anak, yaitu dengan mengaitkan peristiwa dan pengalaman-pengalaman yang dimiliki
dalam kehidupan sehari-hari.
3)
Penulis kurang
teliti dalam mengamati peserta didik yang
termasuk harus di remedial dan yang harus diberi pengayaan;
4)
Sebagian peserta didik belum memahami hakikat dan strategi dari pembelajaran
yang diikuti;
5)
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik banyak yang ribut dan tidak memperhatikan penjelasan
guru;
6)
Peserta didik kurang
aktif dalam diskusi kelompok, tanya jawab, maupun kegiatan lain yang seharusnya
dilakukan peserta didik.
d.
Analisis Data
Tabel 4.1
Daftar Nilai Siklus I kelas
V.B Matematika
NO
|
NAMA
SISWA
|
NILAI
|
KET.
|
1
|
Inki
Virgo Setiady
|
60
|
TT
|
2
|
Restu
Ardiansyah
|
70
|
T
|
3
|
Syahrizan
Efriansyah
|
70
|
T
|
4
|
Aldena
Deva Sura
|
60
|
TT
|
5
|
Laila
Marta
|
60
|
TT
|
6
|
Erika
|
50
|
TT
|
7
|
Nadila
Uly
|
60
|
TT
|
8
|
M.Faza
Pratama
|
70
|
T
|
9
|
Mega
Julianti
|
60
|
TT
|
10
|
Asterela
Yolanda
|
80
|
T
|
11
|
Ridho
Tito Pratama
|
60
|
TT
|
12
|
Yeazey
Wahyu.P
|
70
|
T
|
13
|
Risky
Helfytria
|
60
|
TT
|
14
|
Hazira
|
50
|
TT
|
15
|
Natasha
Dwi Rahmi
|
100
|
T
|
16
|
Tri
Fadia Meilawati
|
50
|
TT
|
17
|
Budiono
|
60
|
TT
|
18
|
Predy
Pratama
|
70
|
T
|
19
|
Melianti
|
80
|
T
|
20
|
Ruanda
Sapta.M
|
60
|
TT
|
KKM =
62
T =
7
TT =
13
Nilai rata-rata =
Persentase tuntas = 40 %
Persentase tidak tuntas = 60
%
|
Tabel 4.2
Distribusi Nilai Matematika
kelas V.B
No
|
Skor ( S )
|
Frekuensi
( F )
|
%
|
S x F
|
1
|
100
|
1
|
5 %
|
100
|
2
|
90
|
-
|
-
|
-
|
3
|
80
|
2
|
10 %
|
160
|
4
|
70
|
5
|
25 %
|
350
|
5
|
60
|
9
|
45 %
|
540
|
6
|
50
|
3
|
15 %
|
150
|
Jumlah
|
20
|
100 %
|
1300
|
Grafik 1
Grafik Perolehan Nilai Peserta Didik Siklus 1
a.
Tafsiran tingkat keberhasilan
Berdasarkan hasil analisis
data kuantitatif tersebut maka dibuat interpretasi
sebagai berikut :
1)
Sekolah telah menetapkan Ketuntasan Belajar KKM skor nilai adalah
62,maka jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 7 orang atau 40 % peserta didik.
2)
Jika dilihat dari rata-rata kelas ( 65,00 ),maka nilai peserta didik
secara klasikal tersebut sudah belajar,tetapi nilai tiap peserta didik masih
belum dikatakan tercapai karena masih banyak yang mendapatkan nilai ≤ 62
sebanyak 13 orang atau 60 %.
Setelah Penulis melaksanakan proses pembelajaran Matematika
dengan materi “Mengenal istilah Sisi,Rusuk dan Titik Sudut pada Bangun Ruang”,Penulis
melakukan penilaian terhadap 20 Peserta Didik kelas 5 B di SD Negeri 018
Singkep dalam bentuk soal esai.Hasil penilaian kurang memuaskan.Hasil belajar
Peserta Didik masih rendah karena masih banyak Peserta Didik yang belum tuntas belajar. Nilai rata-rata
kelas 65,00. Dari 20 Peserta Didik,yang tuntas hanya 6 0rang atau 40 %, dan
Peserta Didik yang tidak tuntas ada 13 Orang atau 60 %.Kenyataan ini juga dapat
dikatakan bahwa Peserta Didik kelas 5 B
belum tuntas secara klasikal.Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebesar
100,sedangkan nilai terendahnya adalah 50.Selisih antara nilai tertinggi dengan
nilai terendah masih terlalu besar.hal ini menunjukkan tingkat pemahaman 20
Peserta Didik kelas 5 B Sd Negeri 018 Singkep pada pelajaran Matematika materi
“Mengenal istilah Sisi,Rusuk dan Titik Sudut pada Bangun Ruang”, belum merata.
Oleh karena
itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan lagi yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, yakni pada siklus II.
1. Siklus II
Perbaikan pembelajaran dengan indikator menggambar jarring-jaring bangun ruang dikelas V.B semester 2 SD Negeri 018 Singkep Kabupaten Lingga dengan
menggunakan metode Kooperatif tipe STAD. Penulis mengawali dengan merencanakan perbaikan pembelajaran,
melaksanakan perbaikan pembelajaran, pengamatan dan refleksi.
Hasil perbaikan siklus I sudah ada perubahan kearah
yang lebih baik dibandingkan pada proses pembelajaran sebelumnya walaupun masih
ada sebagian peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Keberhasilan
ini digunakan peneliti untuk menyusun rencana perbaikan pembelajaran siklus II
dengan metode kooperatif tipe STAD.
1.
Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan
siklus II mata pelajaran Matematika pada hari Rabu, 29 April 2015 diikuti oleh 20 peserta didik kelas V.B yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak
perempuan. Pertemuan ini berlangsung selama 1 x pertemuan (2 x 35 menit).
2.
Hasil Belajar Siswa
Data dari tes
akhir pada siklus II menunjukkan
bahwa peserta didik memperoleh nilai ≤ 62 pada mata pelajaran Matematika hanyan 2 orang dari 20 peserta
didik atau 10 %. Dan peserta
didik yang mendapatkan nilai ≥ 62 sebanyak
18 dari 20 peserta didik atau 90 %
ketuntasan. Ini berarti kriteria pada siklus II pada mata pelajaran Matematika sudah memenuhi target yang diharapkan, yaitu siswa yang
mendapatkan nilai ≥ 62 sebanyak 18 orang
dengan rata-rata kelas 80,00
3.
Refleksi
dari hasil
refleksi pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I, penulis menyusun perencanaan perbaikan pembelajaran siklus II
dengan fokus perbaikan :
1)
Menggunakan metode
dengan penguatan berupa tanya jawab yang lebih
efektif.
2)
Memberikan bimbingan secara khusus
kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
3)
Melibatkan peserta didik secara keseluruhan.
Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai
hasil evaluasi Siklus 2 diperoleh data 2
orang peserta didik mendapat nilai ≤ 62.
Sedangkan yang mendapat nilai baik diperoleh data 18 orang. Dari data tersebut
dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus
sampai siklus 2. hanya ada 2 siswa yang nilainya tidak mencukupi KKM. Hal itu
dapat ditutupi dengan proses pembelajaran selanjutnya untuk lebih fokus dengan
seluruh peserta didik agar tidak ada lagi siswa yang ketinggalan pengetahuan
dalam pembelajaran.
a.
Analisis Data
Tabel 4.3
Daftar Nilai Siklus II kelas
V.B Matematika
NO
|
NAMA
SISWA
|
NILAI
|
KET
|
1
|
Inki
Virgo Setiady
|
70
|
T
|
2
|
Restu
Ardiansyah
|
80
|
T
|
3
|
Syahrizan
Efriansyah
|
90
|
T
|
4
|
Aldena
Deva Sura
|
70
|
T
|
5
|
Laila
Marta
|
70
|
T
|
6
|
Erika
|
80
|
T
|
7
|
Nadila
Uly
|
90
|
T
|
8
|
M.Faza
Pratama
|
70
|
T
|
9
|
Mega
Julianti
|
70
|
T
|
10
|
Asterela
Yolanda
|
100
|
T
|
11
|
Ridho
Tito Pratama
|
80
|
T
|
12
|
Yeazey
Wahyu.P
|
80
|
T
|
13
|
Risky
Helfytria
|
60
|
TT
|
14
|
Hazira
|
60
|
TT
|
15
|
Natasha
Dwi Rahmi
|
100
|
T
|
16
|
Tri
Fadia Meilawati
|
90
|
T
|
17
|
Budiono
|
90
|
T
|
18
|
Predy
Pratama
|
80
|
T
|
19
|
Melianti
|
100
|
T
|
20
|
Ruanda
Sapta.M
|
70
|
T
|
KKM = 62
T = 18
TT = 2
Nilai rata-rata =
Persentase tuntas =
90 %
Persentase tidak tuntas =
10 %
|
Tabel 4.4
Distribusi Nilai Matematika
kelas V.B
No
|
Skor ( S )
|
Frekuensi
( F )
|
%
|
S x F
|
1
|
100
|
3
|
15 %
|
300
|
2
|
90
|
4
|
20 %
|
360
|
3
|
80
|
5
|
25 %
|
400
|
4
|
70
|
6
|
30 %
|
420
|
5
|
60
|
2
|
10 %
|
120
|
6
|
50
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
20
|
100 %
|
1600
|
Grafik 2
Grafik Perolehan Nilai Peserta Didik Siklus 2
A.
Pembahasan Hasil Penelitian
Perbaikan Pembelajaran
Peningkatan
hasil belajar peserta didik pada mata Matematika melalui metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas V semester II SD Negeri 018 Singkep Kabupaten Lingga dapat
dilihat dari hasil ulangan yang dilaksanakan dalam pembelajaran
pada siklus I dan siklus II yang disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel 4.5
Rekapitulasi Nilai Siklus 1 dan 2
Siklus
|
Jumlah
|
KKM
|
Jumlah Nilai
|
Rata-rata
|
||
TT
|
T
|
Persentase T
|
||||
I
|
20
|
13
|
7
|
40 %
|
1170
|
65,00
|
II
|
20
|
2
|
18
|
90%
|
1580
|
80,00
|
Grafik 3
Rekapitulasi Ketuntasan Siklus 1 dan Siklus 2
Pembelajaran Siklus 1
Pembelajaran siklus 1 diperoleh gambaran sebagai berikut :
1)
Keterlibatan siswa ada kenaikan
dari prasiklus ke
siklus 1.hal ini dikarenakan penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dalam proses pembelajaran
2)
Hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 65,00 (dibandingkan
dengan prasiklus rata-rata kelas hanya 50,85).
3)
Ketuntasan belajar siswa naik dari 20 % ketuntasan (Prasiklus) sebelum diadakan PTK
menjadi 40 % setelah
perbaikan pembelajaran.
4)
Secara umum, prestasi siswa
mengalami peningkatan tetapi secara individu masih ada beberapa siswa yang masih tetap,
belum menunjukan peningkatan (stagnan).
Pembelajaran Siklus 2
Pembelajaran
siklus 2 diperoleh gambaran sebagai berikut :
1)
Hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari rata-rata nilai 65,00 dari perbaikan siklus 1 menjadi 80,00 (setelah perbaikan
pembelajaran siklus 2 )
2)
Ketuntasan belajar siswa naik dari 40 % sebelum diadakan siklus 1 menjadi 80 % setelah perbaikan pembelajaran disiklus 2.
3)
Secara umum, prestasi siswa mengalami peningkatan sekitar 40 % tetapi secara individu
masih ada beberapa siswa yang masih tetap,belum menunjukan peningkatan (stagnan). Tetapi masih bisa ditutupi dengan nilai
rata-rata kelas 80,00.
Penelitian pembelajaran menggunakan metode
kooperatif tipe STAD berhasil untuk mata pelajaran Matematika dengan materi
Bangun Ruang ini.hal ini dapat dilihat dengan kelebihan yang dikemukakan oleh Slavin
(1997:21) cooperative
learning mempunyai kelebihan sebagai berikut:
1)
Dapat mengembangkan prestasi siswa,
baik hasil tes yang dibuat guru maupun tes baku.
2)
Rasa percaya diri siswa meningkat,
siswa merasa lebih terkontrol untuk keberhasilan akademisnya.
3)
Strategi kooperatif memberikan
perkembangkan yang berkesan pada hubungan interpersonal di antara anggota
kelompok yang berbeda etnis.
Dari uraian di atas
bahwa untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif metode STAD, sebaiknya dalam satu anggota kelompok ditugaskan untuk
membaca bagian yang berlainan, sehingga mereka dapat berkumpul dan bertukar
informasi. Selanjutnya, pengajar mengevaluasi mereka mengenai seluruh bagian
materi. Dengan cara inilah maka setiap anggota merasa bertanggung jawab untuk
menyelesaikan tugasnya agar berhasil mencapai tujuan dengan baik.
BAB V
Simpulan dan Saran Tindak Lanjut
A.
Simpulan
Setelah melaksanakan perbaikan pembelajaran Matematika melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1)
Perbaikan
pembelajaran matematika melalui melalui metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD ternyata dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
2)
Kelengkapan
peralatan siswa, kelas dan media pembelajaran merupakan unsur-unsur yang sangat
penting dalam menciptakan ketuntasan dan optimalisasi proses kegiatan
pembelajaran.
3)
Dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe
STAD, ketuntasan
belajar siswa naik dari 40 % sebelum diadakan siklus 1 menjadi 80 % setelah perbaikan
pembelajaran disiklus 2.
4)
Penerapan
metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD memang
menuntut lingkungan pembelajaran yang sesuai, harmonis, menarik dan saling
melengkapi, oleh karena itu guru dituntut harus dapat merencanakan, mengatur,
menata, dan melaksanakan proses pembelajaran dengan langkah-langkah yang
sistematis dan baik.
A.
Saran dan Tindak Lanjut
Ada
beberapa saran yang perlu disampaikan diantaranya :
Untuk
rekan guru
1.
Guru
harus dapat memilih dan menerapkan metode
yang tepat, akurat, simple dan sesuai untuk membahas suatu materi pelajaran
sehingga peserta
didik dapat dengan mudah
menerima dan menyerap materi pelajaran yang disampaikan.
2.
Guru
harus dapat memanfaatkan media pembelajaran yang ada seoptimal mungkin,
sehingga dengan media yang sederhana dan terbatas menghasilkan hasil belajar
yang maksimal.
3.
Guru
harus punya inisiatif dan mampu untuk mengadakan perbaikan, baik pada dirinya
sendiri maupun pada kualitas hasil belajar siswanya siswanya, janganlah pernah
merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.
4.
Guru
harus punya tehnik tersendiri dalam menghadapi aneka ragam latar belakang sosial siswa yang berbeda agar tercipta
pembelajaran yang harmonis, kondusif dan sesuai dengan harapan.
Untuk
Peserta Didik
Dalam proses
kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengkonsentrasikan perhatiannya pada
materi pelajaran yang disampaikan, sehingga segala hal yang disampaikan oleh
guru dapat dipahami dan diserap secara optimal.
Untuk
sekolah
Untuk
meningkatkan proses kegiatan pembelajaran, sebaiknya sekolah berusaha
melengkapi media pembelajaran yang masih kurang atau yang masih diperlukan baik
oleh guru maupun oleh siswa, sehingga proses kegiatan pembelajaran akan
terlaksna dengan lebih sempurna.
DAFTAR PUSTAKA
Tim FKIP UT, 2014,cetakan
keenam, Pemantapan Kemampuan Profesional, Universitas Terbuka,Banten
Depdiknas ( 2008 ) Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan Kelas V
I.G.A.K Wardani, Kuswara Penelitian Tindakan Kelas (IDIK 4008) Penerbit Universitas Terbuka
Anitah S.W; dkk. (2009) Strategi
Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka
Winataputra U S; dkk. (2007) Teori
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Yasa
D (2008)
Model Pembelajaran Kooperatif.
Comments