Tugas agama Islam kelas X





MUJAHADAH AN NAFS ( KONTROL DIRI )




Surah Al-Anfal ayat 72


Artinya :
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Anfal 18:72)

Kandungan Surat Al-Anfal ayat 72 :

  1.  Berhijrah dari lingkungan kufur, syirik dan dosa untuk menjaga agama dan melaksanakan tugas-tugas agama merupakan suatu perkara yang diharuskan.
  2. Perjanjian dan perbatasan antara negara tidaklah menghalangi seorang muslim untuk melakukan tugas-tugas agamanya. Jika ada seorang muslim yang berada di negara lain dalam kondisi teraniaya dan meminta pertolongan kepada kita, kita sebagai saudara sesama muslim harus memberikan pertolongan kepadanya.
  3.  Berpegang teguh pada perjanjian yang dijalin, termasuk dengan kaum kafir sekalipun adalah sebuah keharusan. Selama pihak lain juga komitmen terhadap janji mereka.


Hikmah
Hendaklah kita untuk selalu menjalankan perintah Allah dengan semangat juang yang tinggi  dan jiwa yang sabar dan tabah serta keimanan yang kuat dalam membela agama dan bersedia berkorban dengan harta dan jiwa. Dalam QS Al-Anfal juga menjelaskan kita harus selalu tolong menolong serta saling menasihati antar sesama manusia dalam hal apapun terutama dalam masalah agama dan perjanjian. Dan selalu Allah Maha melihat apa yang kita lakukan.

Manfaat 

  1.  Kita saling melindungi satu sama lain.
  2.  Kita wajib memberikan pertolongan kepada seseorang atau suatu kaum yang membutuhkan pertolongan terkait dengan pembelaan agama.
  3. Memiliki jiwa yang sabar dan tabah serta keimanan yang kuat.


Contoh :
Saling tolong menolong, saling nasihat-menasihati.

Visi :
Memberi pertolongan kepada seseorang atau suatu kaum yang membutuhkan pertolongan

Misi  :
Mencetak generasi muda yang lebih peduli kepada orang lain dan lingkungan sekitarnya


Surah Al-Hujurat Ayat 12


Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?  Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. {Q.S Al Hujurat (49) : 12}

Isi Kandungan
Maksudnya adalah selalu berprasangka baik terhadap apa yang sedang menimpanyabaik itu masalah yang berat atau yang tidak. Husnuzan termasuk akhlakul karimah atau bagian dari perilaku terpuji. Lawan dari sikap husnuzan adalah su’uzan atau berburuk sangka. Berprasangka brurk merupakan perbuatan tercela yang harus kkita hindari.

Hikmah
  1. Hidup menajdi tenang dan penuh optimis.
  2. Yakin bahwa terdapat hikmah dibalik segala cobaan.
  3. Membentuk pribadi yang tangguh.
  4. Menjadikan seseorang kreatif.
  5. Menyebabkan seseorang tidak mudah putus asa.
  6. Terhindar dari penyesalan hubungan dnegan sesama.
Manfaat
·         Menumbuhkan sikap peduli, santun, tulus, pemaaf, dan tidak emosional.
·         Banyak teman.

Contoh :
Disenangi oleh guru-guru dan teman-teman,menjadi pribadi yang lebih santun dan tidak berputus asa.


Visi :
Membimbing hamba-NYA menjadi orang yang selalu berfikir baik 


Misi :
Membentuk pribadi yang lebih optimisme dan berfikir positif 



Surah Al-Hujurat Ayat ( 10 )



“ Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”


Isi Kandungan
Ayat ini menegaskan bahawa orang-orang yang beriman itu adalah bersaudara. Orang-orang yang beriman sedar bahawa konsep persaudaraan (brotherhood) dalam Islam itu penting dan adalah sesuatu yang ‘integral’ kepada kekuatan ummah. Ikatan persaudaraan dalam Islam haruslah diutamakan dan kedudukannya mestilah di atas ikatan-ikatan lainnya.

Hikmah
Penerapan sikap ukhuwah bisa di mulai dengan menhjauhkan diri dari perselisihan, pertikaian, dan permusuhan, apalagi tawuran terhadap sesama teman. Umat islam wajib untuk memperbanyak dan mempererat tali persaudaraan, caranya adalah saling mengelnal, saling mengerti, saling mendoakan, saling memberi senyuman dan salam ketika bertemu atau berpisah, dan saling memberi hadiah. Sikap ukhuwah ( persaudaraan ) seperti ini akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa, antara lain: diampuni dosa dosanya, dicintai oleh allah, siberi naungan oleh allah, dan ketentraman jiwa.

Manfaat
·         Dapat memperbanyk teman dan saudara.
·         Dapat mebambah dan menjalin relasi yang lebih banyak lagi.
·         Dapat mempererat jalinan persaudaraan.

Contoh
Terhadap saudara, kita wajib saling membantu dan asing meringankan kesulitan hal tersebut sesuai sabda nabi muhammad saw.


Visi
Mempererat hubungan persaudaraan islam agar semakin kuat

Misi
Menciptakan lingkungan sekitar terutama lingkungan sekolah menjadi lingkungan bersahabat ( no bullying ) 



*Diambil dari berbagai sumber : terima kasih ^_^  

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Naskah Drama 7 orang + 1 Narator